Articles

Find Our Latest News

4 Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Perkembangan gadget dan teknologi digital yang `menjajah` anak-anak saat ini harus bisa difilter dengan kegiataan olahraga. Untuk membuat si kecil menjadi lebih banyak bergerak dan lebih sehat, sebaiknya Anda membantunya menyelipkan jadwal olahraga di dalam aktifitasnya. Olahraga memang menjadi salah satu hal penting yang wajib untuk dilakukan anak-anak. Apalagi saat usia sekolah dasar, yaitu 6-12 tahun, anak-anak mengalami perkembangan motorik kompleks dan koordinasi otot yang pesat. Mereka juga mengalami perkembangan koginitif yang baik untuk berpikir lebih logis. Oleh karenanya, olahraga dapat membantu memaksimalkan potensi tumbuh kembang mereka. Beberapa jenis olahraga yang diyakini bisa membuat tumbuh kembang anak jadi lebih baik, selain itu juga bisa membuat anak menjadi lebih sehat secara jasmani dan rohani. Berikut 4 jenis olahraga yang baik untuk tumbuh kembang anak :

BERENANG
Olahraga renang sangat baik jika diajarkan sejak usia muda, sebab ini akan menambah keahlian anak tentang keamanan di dalam air (water safety). Berenang dapat memperkuat otot, fleksibilitas, serta membentuk postur tubuh yang baik bagi anak. Selain itu, Renang juga digunakan sebagai terapi untuk mengurangi efek cidera dari olahraga lain, lho.

LARI
Lari adalah dasar dari hampir semua olahraga. Semua orang dapat melakukannya, termasuk si kecil. Olahraga lari juga mudah dilakukan di beberapa area seperti area perumahan, lapangan, dan di jalan raya saat berlangsungnya car free day. Lari akan memperkuat otot kaki anak, serta melatih keseimbangan dan menjaga berat badan anak agar tetap ideal.

SEPAK BOLA DAN BASKET
Permainan sepak bola dan basket sepertinya paling banyak digemari oleh anak-anak, sehingga Anda tidak perlu susah payah untuk mengajak si kecil berolahraga. Sepak Bola dan Basket akan meningkatkan daya tahan kardiovaskular, memperkuat otot tangan dan kaki, menambah fleksibilitas, serta meningkatkan koordinasi mata, tangan, serta keseimbangan. Anak juga dapat belajar bekerja sama, kedisiplinan, dan keadilan (fairplay).

IN LINE SKATE
Olahraga in line skate atau yang lebih dikenal dengan sepatu roda dapat dilakukan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Jika anak Anda merupakan pribadi yang lincah, sepertinya olahraga ini patut untuk dicoba. Dengan in line skate, anak akan belajar untuk melatih keseimbangan, core strength, serta dapat menjaga postur tubuh yang baik.

Selain itu manfaat untuk pertumbuhan fisik, olahraga juga mengajarkan si kecil untuk berkomunikasi, mengambil keputusan, komitmen, memperbaiki suasana hati (mood), dan meningkatkan rasa percaya diri mereka. Olahraga juga dapat membuat anak Anda terhindar dari risiko obesitas, depresi, penyakit jantung, dan diabetes. Aktivitas olahraga tersebut di atas dapat Anda dan keluarga lakukan di The Springs Club dan Scientia Square Park. Yuk mulai arahkan si kecil untuk hidup sehat dengan rajin berolahraga!

Share This Post