Articles

Find Our Latest News

Bela Diri Wing Chun: Menghancurkan Lawan Tanpa Kekuatan

Anda penggemar Bruce Lee dan Ip Man? Jika ya, tentunya Anda kenal betul dengan gerakan-gerakan bela diri lincah dari sosok-sosok tersebut. Gerakan-gerakan bela diri yang dipopulerkan oleh Bruce Lee dan Ip Man tersebut merupakan jenis bela diri Wing Chun.

Sejarah kemunculan Wing Chun tidak diketahui secara jelas dan pasti, namun bela diri China ini konon diciptakan oleh seorang pendeta perempuan dari Hong Kong yang bernama Ng Mui. Semenjak saat itu jurus dan gerakan Wing Chun semakin popular hingga kegenerasi selanjutnya, seperti para guru besar Wing Chun yaitu Ip Man dan Ip Ching.

Wing Chun tidak mengenal batasan usia dan dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan orang tua. Pada dasarnya, bela diri ini tidak menuntut pelakunya untuk mengandalkan kekuatan, melainkan melakukan gerakan secara refleks yang dipusatkan pada siku tangan. Menurut beberapa ahli Wing Chun, ini merupakan bela diri yang ‘kosong’ namun mampu menghancurkan lawan.

Tertarik untuk berlatih Wing Chun? Tak perlu ragu akan kemampuan dasar dalam bela diri karena untuk bisa melakukannya, setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda-beda dalam menguasai teknik Wing Chun. Apabila Anda tidak mempunyai dasar bela diri sama sekali, akan semakin mudah bagi Anda untuk mempelajari segala jenis tekniknya dari dasar.

Di Indonesia sendiri seni bela diri Wing Chun mulai digemari sejak film Ip Man tayang di layar lebar. Semenjak itu, terdapat beberapa tempat yang menyediakan sarana dan pelatihan untuk beladiri yang menggunakan balok kayu untuk latihan ini. Salah satunya kini hadir di Pulse yang terletak di Scientia Digital Center yang merupakan bagian dari Scientia Square Park. Pulse merupakan salah satu tempat yang memberikan kesempatan bagi pengunjung yang ingin mengembangkan diri di bidang olahraga.

Nah, SMSLovers yang berminat untuk berlatih Wing Chun tentunya semakin mendapat kemudahan dengan hadirnya bela diri ini di Pulse. Tunggu apalagi? Ayo kuasai Wing Chun bersama Pulse.

Share This Post