Articles

Find Our Latest News

Tips Olahraga di Fitness Center untuk Pemula

Apakah Anda berencana untuk mendaftar member di fitness center dalam waktu dekat ini? Memilih berolahraga di fitness center merupakan langkah yang tepat untuk kamu yang ingin memulai olahraga rutin. Salah satu manfaat memilih fitness center sebagai solusi berolahraga adalah banyaknya alat yang beragam, sehingga Anda bisa melakukan lebih dari satu jenis olahraga. Selain itu cuaca yang buruk juga tidak akan menghalangi aktivitas olahraga Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk pemula yang ingin berolahraga di fitness center supaya membuat Anda percaya diri dan berhasil mencapai body goals.

1. Konsumsi makanan maksimal satu jam sebelum berolahraga
Sebelum memulai olahraga, sangat dianjurkan untuk memiliki cadangan energi di dalam tubuh. Energi tersebut dapat diperoleh dengan makan makanan yang sehat dan tidak berlebihan jumlahnya. Sebaiknya beri jeda waktu satu jam, agar tubuh dapat mengolah makanan tersebut sebelum membakarnya kembali ketika beraktivitas di fitness center.

2. Lakukan cardio terlebih dahulu
Jika hari ini adalah hari pertama Anda pergi ke fitness center, pastikan Anda tidak salah memulai latihan. Mulailah dengan melakukan cardio, untuk mempersiapkan tubuh sebelum memulai olahraga yang lebih berat. Cardio idealnya dilakukan selama 15 sampai 30 menit. Salah satu aktivitas cardio yang dapat Anda pilih adalah berlari di treadmill dengan kecepatan yang bertahap.

3. Hindari menggunakan alat berat secara langsung tanpa pengawasan
Ketika memulai berlatih di fitness center, tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi dalam setiap aktivitas olahraga. Oleh karena itu, hindarilah menggunakan alat berat seperti barbel dan dumbbell. Jika Anda memaksa menggunakan barbel, tubuh akan bekerja keras untuk selalu memberikan energi. Alhasil, Anda akan cepat merasa lelah, kaku dan olahraga menjadi tidak maksimal. Selain itu Anda juga dapat berpeluang terkena cedera otot.

4. Ketahui batas kekuatan tubuh Anda
Sebagai pemula, Anda harus mengetahui batas kekuatan tubuh. Batas ini bisa diperoleh dengan mengukur waktu ketahanan ketika Anda melakukan set olahraga tertentu. Waktu olahraga 40 sampai 50 menit merupakan durasi yang ideal untuk beraktivitas di fitness center.

5. Pastikan tubuh Anda terhidrasi
Olahraga merupakan aktivitas yang memproduksi cairan tubuh berlebih. Jangan sampai terlalu asik berolahraga dan lupa menghidrasi tubuh Anda. Usahakan meminum air sebanyak 300-500 ml sebelum, saat, dan setelah beraktivitas di fitness center.

Itulah beberapa tips untuk Anda yang hendak melakukan olahraga di fitness center. Untuk Anda yang masih bingung dalam memilih fitness center yang memiliki beraga fasilitas, alat yang memadai, serta personal trainer yang profesional, Anda bisa menjadi member di Gold`s Gym yang berada di Downtown Walk, Summarecon Mall Serpong.

Share This Post