Articles

Find Our Latest News

e-Sports, Bukan Gaming Biasa

Pernah mendengar Arena of Valor, Pro Evolution Soccer (PES 2018), Clash Royale, dan PUBG? Atau mungkin pernah memainkannya? Tentunya sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan permainan-permainan tersebut. Dapat diakses dan dimainkan melalui gadget, ternyata games tersebut kini diakui menjadi e-Sports. Sejak diakui sebagai salah satu cabang olahraga di ajang Asian Games 2018 lalu, e-Sports mulai banyak dibicarakan di Indonesia. Olahraga yang satu ini berbeda dengan cabang olahraga lainnya karena dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik atau gadget tertentu seperti ponsel, komputer, atau konsol.

Berbeda dengan gaming pada umumnya, e-Sports di Indonesia kini telah dikembangkan sedemikian rupa, termasuk mempersiapkan dan melatih para atletnya untuk bisa mengikuti berbagai kompetisi e-Sports internasional. Berkembangnya e-Sports ini pasalnya juga mampu mengubah stigma negatif masyarakat di Indonesia tentang bahaya game online.

Pada dasarnya, para atlete-Sports berangkat dari passion mereka yang aktif dalam permainan daring. Namun berbeda dengan gaming biasa, e-Sports beralih menjadi suatu profesi, bukan sekadar untuk sarana hiburan dan rekreasi bagi para pencinta games. Di Indonesia sendiri, para atlete-Sports mendapatkan berbagai pelatihan untuk mengembangkan potensi dan menjaga serta meningkatkan performa mereka untuk menghadapi kompetisi e-Sports. Ternyata sudah ada beberapa pihak dan tempat untuk mendukung e-Sports di Indonesia salah satunya adalah Indonesia Esports Stadium dan Indonesia e-Sports Association (ieSPA).

Atlete-Sports mengenakan seragam layaknya atlet olahraga lainnya pada saat bertanding. Dalam pertandingan pun mereka bukan bermain secara individu, namun bermain untuk tim dalam rangka membawa nama Bangsa untuk memenangkan pertandingan. Sama halnya dengan olahraga dan kegiatan lain, gaming bisa menjadi suatu aktivitas yang positif apabila dikelola dengan baik, salah satunya dengan mendukung e-Sports ini.

Jadi, Anda punya hobi bermain online games? Tidak ada salahnya untuk mencoba mengembangkannya menjadi profesi sebagai atlete-Sports. Tentunya akan menyenangkan memiliki profesi yang sekaligus merupakan passion Anda.

Share This Post