Articles

Find Our Latest News

Mengajak Anak Untuk Lebih Mengenal Kuliner Indonesia Sejak Dini

Bangsa Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam, salah satunya adalah kekayaan budaya kuliner. Kelezatan kuliner Nusantara dihasilkan melalui perpaduan aneka bumbu dan rempah-rempah yang digunakan di dalamnya, sehingga menghasilkan rasa, aroma, warna, dan tekstur yang kuat pada masakan. Hal inilah yang membuat kuliner Nusantara terkenal akan kelezatannya.

Namun, saat ini kebanyakan anak-anak cenderung memilih makanan fast food dari luar negeri ketimbang mengonsumsi makanan Indonesia. Di pikiran mereka, makanan Indonesia dianggap lebih rendah, tidak enak, kurang menarik dan kurang bergengsi. Lantas bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk mengajak anak agar mau mengenal kuliner asli Indonesia? Simak tips and trik berikut ya, SMSLovers!

Memasak makanan tradisional khas kuliner Indonesia bersama anak
Mengenalkan makanan tradisional pada anak bisa dilakukan dengan membuatnya bersama-sama. Kesannya memang agak rumit dan memakan waktu, namun dari memasak bersama orang tua akan terjalin sebuah kedekatan dan tentunya anak akan semakin belajar banyak hal mengenai kuliner Indonesia.

Lebih sering menyediakan makanan tradisional di rumah
Dengan lebih sering menyediakan menu makanan tradisional di rumah, lidah anak akan terbiasa dengan kuliner Indonesia. Kuliner Indonesia tidak harus disajikan dengan makanan berat seperti nasi atau mi. Agar tidak bosan, dapat diselingi dengan menyajikan kue-kue tradisional khas nusantara.

Mengunjungi festival makanan khas daerah
Memperkenalkan makanan atau kue tradisional tidak harus dilakukan dengan mengunjungi daerah asalnya. Jika keuangan dan terbatasnya waktu tidak bisa membuat Anda langsung berkunjung ke suatu daerah, Anda bisa mengajak si kecil datang ke festival makanan khas daerah. Salah satu festival makanan khas daerah yang diadakan pada tahun ini adalah Festival Kuliner Serpong yang akan berlangsung pada 8 Agustus hingga 8 September 2019 di Parkir Selatan, Summarecon Mall Serpong.

Dengan memperkenalkan buah hati pada kuliner Indonesia, berarti Anda telah berpartisipasi dalam upaya melestarikan budaya Indonesia. Sayang sekali rasanya jika kekayaan kuliner dari daerah-daerah di Indonesia tidak dapat lagi kita nikmati jika perlahan-lahan mulai menghilang, hingga akhirnya punah. Oleh karena itu, yuk sama-sama kita jaga dan lestarikan budaya kuliner Indonesia!

Share This Post