Articles

Find Our Latest News

Street Food Khas Asia yang Wajib Dikunjungi

Jalan-jalan ke berbagai negara di Asia, belum lengkap rasanya kalau belum icip-icip makanan khasnya. Anda tidak harus makan di restoran karena banyak street food enak yang bisa Anda temui di pinggir jalan. Nah, berikut aneka lokasi street food enak yang hanya bisa Anda temui di Asia!


Pecenongan - Indonesia
Jalan Pecenongan menjadi salah satu pusat wisata kuliner di Jakarta. Terdapat berbagai menu pilihan makanan, mulai dari makanan oriental hingga makanan tradisional nusantara, mulai dari makanan kaki lima hingga makanan bintang lima. Semuanya ada di jalan ini. Sebut saja, bakmi, sate, nasi goreng kambing, nasi padang, aneka olahan seafood, dan masih banyak lagi. Sate khas Indonesia menjadi salah satu street food terkenal di berbagai belahan dunia. Potongan daging kecil-kecil yang ditusuk dan dibakar, disajikan dengan bumbu kacang atau kecap manis, bawang merah, dan cabai rawit. Satu tusuk tidak akan cukup, pasti bikin nagih.


Jalan Alor - Kuala Lumpur
Jalan Alor sering disebut sebagai tempat yang sempurna untuk menikmati suasana makan di pinggir jalan. Di sepanjang jalan ini berjejer aneka kuliner yang menarik. Rasa makanannya pun enak dan harganya murah. Anda bisa mencoba makanan Kuala Lumpur yang otentik, yaitu Nasi Lemak. Nasi dengan tekstur gurih berminyak disajikan dengan telur, ikan teri, irisan mentimun, dan sambal. Nasi Lemak juga cocok ditambah lauk tempe, tahu, ayam, daging, dan lainnya. Rasanya lezat dan khas negeri Jiran.


Myeongdong Street - Korea
Ini adalah kawasan yang wajib Anda kunjungi saat di Korea Selatan. Toko di sepanjang jalan Myeongdong banyak menawarkan diskon gila-gilaan. Terdapat jajaran mal hits di Korea Selatan, beauty items dan aneka street food Korea Selatan, seperti gyeran-ppang, kimbap, odeng (eomuk), tteokbokki, dan lainnya. Untuk Anda yang sering nonton drama Korea Selatan, pasti sudah tidak asing dengan Kimbap. Terdiri dari kata `kim` yang berarti rumput laut kering dan kata `bap` yang berarti nasi putih kukus. Kimbap sering disajikan dengan ikan, telur, sayur, ditambah dengan garam dan minyak wijen. Rasanya super lezat.


Ho Chi Minh - Vietnam
Kota Ho Chi Minh sering disebut sebagai salah satu pusat street food favorit para wisatawan. Di sini, makanan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pho. Makanan ini berupa mi yang terbuat dari tepung beras dengan aneka isian, seperti suwiran daging, bakso, tahu, dan kuah gurih. Dengan diberi rempah-rempah dan daun basil, aromanya sangat menggoda dan rasanya sangat nikmat. Pho atau yang biasa didengar dengan `fuh` sangat cocok untuk menghangatkan tubuh setelah jalan-jalan di Vietnam.


Carnarvon Road - Hongkong
Waffle berbahan dasar telur khas Hongkong atau sering disebut waffle telur (egg waffle) adalah street food yang paling direkomendasikan di Hongkong. Nah, egg waffle terkenal yang bisa Anda cicipi saat jalan-jalan ke Hongkong adalah Mammy Pancake di Carnarvon Road. Di sini ada beragam waffle berbentuk oval dengan warna keemasan, dengan tekstur yang renyah di bagian luar, namun ringan dan empuk di bagian dalam.


Nakamise Street - Jepang
Street food Jepang merupakan salah satu kuliner menarik di negeri Sakura. Di Nakamise Street, terdapat berbagai street food khas negeri matahari terbit yang wajib Anda coba, seperti bento, okonomiyaki, soba, ramen, dan masih banyak lagi. Anda harus coba ramen khas Jepang. Ciri khas makanan berbahan dasar mi ini adalah topping sayuran, potongan daging, serta telur setengah matang yang disiram dengan kuah kaldu rasa soyu (kecap asin), miso (tauco), dan shio (garam). Rasanya enak dan cocok dinikmati ketika musim gugur atau musim dingin di Jepang.

Itulah beberapa lokasi street food enak yang bisa Anda temui di negara-negara Asia. Nah, street food mana yang paling membuat Anda penasaran?


Share This Post