Articles

Find Our Latest News

Tren Baru Membaca di Era Digital Bersama Pecandu Buku

Minat baca di Indonesia, terutama untuk usia muda, dinilai cukup rendah seiring dengan semakin berkembangnya teknologi. Bahkan munculnya gadget yang semakin canggih dianggap sebagai salah satu penyebab malasnya anak-anak bangsa untuk membaca buku karena adanya kemudahan dan fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh gadget. Namun, Anda tentunya mengerti bahwa sesungguhnya membaca buku di era digital ini dapat dilakukan menggunakan gawai yang Anda miliki.

Melihat hal ini, beberapa pemuda-pemudi di kota Bandung, termasuk di dalamnya seorang musisi Fiersa Besari membentuk suatu komunitas yang dinamakan Pecandu Buku. Komunitas yang disebut PB ini menyulap sebuah garasi rumah menjadi sebuah perpustakaan yang memiliki berbagai koleksi buku hasil sumbangan para anggotanya.

Nampaknya minat masyarakat untuk membaca buku masih sangat kurang sehingga komunitas tersebut kini menyumbangkan koleksi bukunya setiap bulan agar buku-buku tersebut tidak hanya terbengkalai di dalam perpustakaan.

Melaluiakun media sosial instagramnya yaitu @pecandubuku, komunitas ini juga aktif mengajak masyarakat untuk membaca buku baik secara konvensional maupun menggunakan gawai dengan membaca e-book. Para anggota PB secara rutin memberikan ulasan dari judul-judul buku yang telah mereka baca untuk memberikan informasi dan wawasan kepada followers di instagram dan juga masyarakat secara umum. Hal ini cukup menarik perhatian dan minat baca karena orang-orang dapat terlebih dahulu mendapatkan wawasan ringkas tentang buku-buku yang dijual di pasaran sebelum mereka membelinya. Memberikan ulasan buku melalui unggahan di instagram juga mampu mempengaruhi orang untuk lebih tertarik dan penasaran akan sebuah buku.

Selain memberikan ulasan, para anggota PB juga kerap mengadakan kopi darat untuk bedah buku atau sekadar sharing tentang sebuah judul buku. Untuk menjadi anggota komunitas yang telah tersebar di Bandung, Jakarta, Surabaya, Semarang, dan berbagai daerah lain di Indonesia ini cukup mudah. Anda cukup mengirimkan sebuah ulasan tentang satu judul buku untuk dikurasi oleh anggota Pecandu Buku yang kemudian akan dibagikan di akun Instagram @pecandubuku, atau dengan menyumbangkan satu buku untuk perpustakaan PecanduBuku. Menarik bukan? Kalau SMSLovers, tim baca buku konvensional atau e-book?

Share This Post