Budaya Masyarakat dari Zaman ke Zaman

21 Jan 2018


Sosial-budaya yang bersifat dinamis terus mengalami perubahan, begitu pula pada pola kehidupan manusia pun terus berganti dari masa ke masa. Perubahan tersebut kemudian menyebabkan berubahnya juga sistem sosial, termasuk nilai, sikap dan perilaku masyarakat.

Yuuk, kita simak apa saja perubahan sosial budaya yang terjadi :

1. Cara Berkomunikasi

Tidak dipungkiri, perkembangan teknologi yang begitu pesat menyebabkan perubahan dalam cara berkomunikasi. Dari sinyal asap, merpati pos, telepon kabel, dan hingga kini telepon genggam atau ponsel dengan menggunakan sistem teknologi yang canggih sehingga masyarakat tidak lagi hanya bertukar pesan melainkan juga dapat membagikan fitur foto dan video.

2. Cara Berpakaian

Pengaruh globalisasi juga menyebabkan ada nya perubahan pola berpakaian, yang tadinya masyarakat lebih sering menggunakan pakaian tradisional, semakin ke sini, perkembangan dunia fashion membuat masyarakat mengenakan pakaian sesuai dengan trend yang ada.

3. Kualitas Pendidikan

Pada jaman dahulu, menempuh pendidikan hingga tingkat SMA sudah lumrah dalam masyarakat. Namun, masyarakat kini baik perkotaan hingga pedesaan pun berlomba-lomba untuk dapat menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi.

Jadi, sudah tahu kan ternyata perkembangan sosial-budaya begitu cepat. Yuk, sebagai masyarakat cerdas, harus dapat bijaksana dalam mengikuti perkembangan zaman!