Eksistensi Permainan Fencing

27 Apr 2017

Sudah bukan rahasia umum kalau olahraga memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Namun ternyata, banyak olahraga yang mungkin kurang populer di kalangan masyarakat umum, salah satunya adalah Anggar atau sering disebut fencing. Olahraga yang memang sedikit ekstrim ini tidak sepopuler seperti olahraga lainnya. Sebenarnya, Anggar merupakan bentuk ilmu bela diri dengan menggunakan pedang yang kemudian berkembang menjadi seni budaya olahraga. Awalnya Anggar merupakan cabang olahraga di sekolah-sekolah Eropa. Seiring berkembangnya jaman, Anggar mulai menjadi olahraga resmi dalam Olimpiade.

Anggar sendiri berasal dari Perancis yang artinya bersiap, sedangkan penggunaan pedang tidak lepas dari sejarah dimana pada jaman dahulu pedang digunakan untuk pelindung diri. Olahraga ini lebih menekankan pada ketangkasan senjata dan teknik dalam memotong, menangkis, serta menusuk lawan. Kelincahan tangan menjadi modal utama dalam permainan anggar.

Olahraga Anggar juga memiliki banyak manfaat seperti olahraga lainnya, antara  lain mencegah obesitas, meningkatkan kecerdasan otak, menghindari nyeri sendi, meningkatkan ketajaman penglihatan, serta memperkuat otot. Selain fisik, manfaat mental dari olahraga Anggar adalah meningkatkan keberanian dan motivasi dalam diri, lebih fokus, dan memberi ketenangan jiwa.

Tentunya, olahraga Anggar yang cukup berbahaya harus dilakukan secara profesional, serta perlu latihan khusus yang tidak sebentar. Bagi kalian yang penasaran dan ingin mencoba olahraga ini, Summarecon Digital Center menyediakan Pulse House of Sport yang salah satu kegiatannya adalah olahraga Anggar.

Salah satu pelatih Anggar di Pulse, Ganef, berhasil membawa anak didiknya memperoleh dua medali dalam kejuaraan bergengsi beberapa waktu yang lalu. Dalam Kejuaraan yang diadakan di High Scope ini, Andrean Wangsa berhasil menyabet medali emas tingkat SLTA dengan nomor senjata Foil Putra, sedangkan medali perunggu berhasil didapatkan Tristan. Selain itu, beberapa medali lain juga didapatkan anak didik di bawah naungan Pak Ganef. Tidak diragukan lagi, pelatih yang disediakan Pulse House of Sport ini tentunya tidak sembarangan dan tentunya berkualitas.

Yuk daftarkan diri Anda di Pulse House of Sport Lt. 1 Summarecon Digital Center!