Fakta Menarik Jelang Piala Dunia 2018

07 Jul 2018

Bagi para penggemar sepak bola, Piala Dunia menjadi ajang yang selalu ditunggu-tunggu. Tahun 2018, perhelatan yang diadakan 4 tahun sekali ini akan digelar di Rusia. Euforia Piala Dunia pun sudah terasa dari jauh-jauh hari. 

Yuk, intip beberapa fakta menarik jelang Piala Dunia 2018 : 

1.Rusia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Untuk pertama kalinya, Rusia akan menjadi tuan rumah dalam ajang Piala Dunia yang ke-21 tahun ini. Rusia pun telah menyiapkan sebanyak 12 stadion yang akan digunakan selama turnamen Piala Dunia, seperti : Stadion Luzhniki dan Stadion Sankt-Petersburg yang merupakan dua stadion terbesar di Rusia yang akan digunakan paling sering yaitu                  masing-masing menggelar 7 pertandingan.

2.Zabivaka, Maskot Piala Dunia 2018

Pada Piala Dunia tahun ini, maskot yang diusung oleh Rusia adalah serigala bernama Zabivaka. Arti Zabivaka sendiri berasal dari bahasa Rusia yang berarti “sang pencipta gol”. Terpilihnya simbol serigala merupakan hasil polling pendapat oleh masyarakat Rusia dengan kandidat lainnya harimau dan kucing. Zabivaka dideskripsikan sebagai serigala yang menawan, periang dan percaya diri. Maskot serigala ini ternyata hasil karya anak desain mahasiswi di Rusia, loh!

3.Bola Resmi Piala Dunia

Setiap perhelatan turnamen Piala Dunia, bola yang digunakan pun tidak luput dari perhatian. Tentunya, bola yang digunakan pun harus memiliki standar desain dan teknologi khusus. Untuk Piala Dunia 2018 kali ini, bola besutan Adidas menjadi bola resmi Piala Dunia 2018 dengan nama Telstar 18. Bola Telstar 18 dibuat dengan motif putih - gradasi hitam ke                 abu-abu serta dibubuhi kata Telstar dan logo Piala Dunia 2018 yang diberi warna emas. Uniknya, bola Telstar akan diberi semacam chip NFC sehingga para penonton dapat turut merasakan langsung melalui smartphone mereka.

4.Negara Terkecil di Ajang Piala Dunia

Salah satu negara yang berhasil lolos dalam ajang Piala Dunia 2018 adalah Islandia. Hal ini menjadikan Islandia sebagai negara terkecil yang lolos ke dalam perhelatan Piala Dunia sepanjang sejarah dengan populasi 335 ribu penduduk. Sebelumnya, pada Piala Dunia 2006, negara terkecil dicatat Trinidad-Tobago dengan populasi 1.3 juta jiwa.

Nah, itu tadi beberapa fakta unik Piala Dunia 2018. Siapa yang sudah tidak sabar menanti Piala Dunia tahun ini?