Fakta Unik dan Menarik Seputar Evolusi Bumi

11 Mar 2018

Tahukah kamu bahwa Bumi kita dan segala isinya ini terus berevolusi lho. Tanpa disadari pasti selalu ada perubahan setiap harinya, karena Alam Semesta Raya ini bersifat dinamis. Percaya ataupun tidak, fakta-fakta Bumi di masa yang sangat lampau sangat menarik untuk disimak. Berikut beberapa fakta unik dan menarik mengenai evolusi Bumi :

1.Fakta Alam Semesta

Alam Semesta atau Universe lebih daripada planet, bintang, ataupun tata surya saja.  Namun terdiri dari jutaan galaksi yang bahkan tidak terhitung jumlahnya dan saling berjauhan satu sama lain. Bayangkan saja betapa luasnya, perbandingan ukuran Galaksi Bima Sakti dengan Matahari sama dengan membandingkan kecilnya 1 keping sel darah putih dengan besarnya Amerika Serikat lho!

2.Fakta Zaman Jurrasic

Jurrasic adalah di mana masa ratusan juta tahun yang lampau, pada masa dinosaurus masih hidup dan belum punah. Jika menyebut hewan terbesar yang ada di masa kini, mungkin yang akan terpikir adalah gajah atau paus. Bagaimana dengan hewan terbesar di zaman jurrasic? Dinosaurus terbesar yang pernah hidup di dunia sekitar 70-100 juta tahun lalu berjenis Argentinosaurus dengan bobot sekitar 80 ton. Kurang lebih besarnya mirip paus biru berukuran sedang dan panjangnya menyamai pesawat jenis Boeing 737.

3.Fakta Gempa Bumi

Terkadang sedih ya rasanya bila menjumpai berita tentang gempa yang kita anggap sebagai bencana alam menakutkan di masa kini. Namun perlu di ketahui, evolusi dapat terjadi berkat gempa bumi lho. Daratan di Bumi ini terpecah dan membentuk pulau-pulau besar yang dipengaruhi oleh gempa bumi, dan sebagian besar disebabkan oleh pergerakan atau pergeseran lempeng bumi. Wow!

4.Fakta Zaman Es

Dahulu sebelum global warming melanda, bumi pernah mengalami zaman es pada          masa lampau. Penyebab terjadinya zaman es salah satunya adalah akibat terjadinya proses pendinginan aerosol yang sering menimpa planet bumi. Di zaman ini kita juga mengenal hewan sejenis gajah dengan bulu yang lebih tebal dan panjang, dengan gading yang lebih melengkung, yang disebut mammoth.

5.Fakta Manusia Purba

Jauh sebelum manusia zaman now seperti kita yang hidup di bumi ini, serta di zaman sebelum gadget canggih ditemukan, sudah ada manusia yang menghuni bumi ini sebelum peradaban kita. Ya, merekalah yang dianggap sebagai nenek moyang kita, yakni para manusia purba. Manusia purba ini juga hidup di Indonesia lho. Salah satu jenis manusia purba yang hidup di Indonesia adalah Manusia Jawa atau Homo Erectus Paleojavanicus. Menarik untuk ditelusuri ya?