Kumpulan Cerita dan Dongeng Seru di The Open Book Library

09 Feb 2017

Tentu Anda pernah mendengar dongeng waktu kecil bukan? Bernostalgia sambil mengajak sang buah hati bermain sambil  mendengarkan dongeng kini bisa Anda temukan di The Open Book Library, Scientia Square Park (SQP) setiap bulannya.

Dongeng biasanya dibawakan dengan cara mengambil sebuah cerita khayalan yang luar biasa atau cerita fiktif yang dianggap oleh sebagian masyarakat hanya cerita karangan belaka. Maksud dari dongeng sendiri agar dapat menyampaikan pesan moral yang baik kepada anak dengan cara yang lebih menyenangkan dan menghibur. Penyampaian bahasa dalam dongeng pun dibuat tidak terlalu rumit untuk dicerna oleh anak-anak agar maksud dari ceritanya bisa tersampaikan ke mereka. Dalam dongeng pun ternyata banyak hal positif yang dapat diambil oleh sang buah hati, antara lain mengembangkan daya imajinasi anak, meningkatkan keterampilan dalam berbahasa, dan membangun kecerdasan emosional anak.

Kita semua pasti tahu kalau dunia anak penuh dengan dunia imajinasi. Anak-anak memiliki dunia-nya sendiri dan tak jarang mereka memiliki teman khayalannya. Dengan daya imajinasi yang masih sangat bagus ini, kita dapat mengembangkan lagi dan mengarahkan kearah yang postif dengan memberikan atau membawakan dongeng. Dongeng merupakan cara yang baik untuk merangsang keterampilan berbahasa pada anak. Daya resap melalui pendengaran yang dimiliki oleh anak masih sangat bagus, oleh karena itu penyampaian yang diberikan dalam cerita dongeng pun harus diperhatikan. Kisah dongeng yang mengandung cerita positif tentang perilaku dan sebagainya membuat anak menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan dan dapat memperkaya kemampuan cara berbahasa mereka sehari-hari.

Mendongeng kepada anak bisa membangkitkan kecerdasan emosional mereka dan merupakan sarana yang baik untuk mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak.  Seperti yang kita tahu bahwa anak mempunyai kesulitan dalam mempelajari nilai moral dalam kehidupan. Dongeng akan membantu tumbuh kembang anak dalam menyerap nilai emosional pada sesama. Tidak bisa dipungkiri bahwa kecerdasan emosional juga penting disamping kecerdasan kognitif. Kecerdasan emosional juga sangat penting bagi kehidupan sosial mereka kelak di kemudian hari SQP dan The Open Book Library juga rutin menggelar acara story telling dengan berkolaborasi dengan beberapa artis yaitu Celebrity Story Time. Acara ini sangat cocok menjadi ajang bagi buah hati Anda untuk mendengarkan dongeng dengan cerita yang pastinya memiliki nilai moral positif, dan yang membedakan dengan story telling lainnya dongeng akan dibacakan  oleh para artis yang berbeda setiap bulannya.