Menjaga Bumi Sambil Memperkuat Hubungan Antar Anak dan Orang Tua

05 Nov 2018

Perubahan iklim atau pemanasan global tidak dapat dilepaskan dari fenomena pencemaran lingkungan yang ada di Bumi. Meningkatnya karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya yang dikeluarkan karena pembakaran bahan bakar fosil, pembukaan lahan pertanian, dan aktivitas manusia lainnya yang menjadi sumber utama dari pemanasan suhu panas global. Salah satu caranya untuk mengembalikan suhu bumi menjadi seperti sedia kala adalah dengan menanam kembali hutan-hutan yang sudah mulai gundul dan hal ini harus sudah mulai ditanamkan kepada anak-anak sejak dini agar mereka juga terbiasa untuk senantiasa menjaga dan mencintai Bumi.

Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Saat anak diajarkan untuk mencintai lingkungan, hal itu juga membangun rasa hormat pada alam, menjaga lingkungan dan tidak berperilaku merusak alam di kemudian hari. Selain baik untuk menanamkan hal-hal positif tersebut, tanpa disadari dalam prosesnya akan mempererat ikatan antar orang tua dan anak.

Dimulai dari mempersiapkan segala macam peralatan yang dibutuhkan, menjelaskan pengertian dari bercocok tanam kepada anak dan memberikan peran kepada anak dalam menentukan hal apa saja yang dibutuhkan. Hal ini dapat memicu anak untuk berfikir agar lebih mempersiapkan segala hal sambil menjelaskan bagaimana caranya untuk menjaga bumi dari pemanasan global.

Lalu mengajarkan bagaimana cara menanam, merawat hingga menuai hasilnya. Hal ini menyadarkan anak bagaimana pentingnya menunggu hasil dari setiap pekerjaan yang kita lakukan dan mengajarkan pentingnya dalam bersabar.

Sambil melakukan aktivitas bercocok tanam, orang tua juga bisa menceritakan dongeng tentang berbagai tumbuhan. Anda bisa menceritakan kisah atau dongeng tentang tumbuhan, seperti kisah pohon baik yang memberikan tempat berteduh untuk para hewan burung, serangga, tupai, dan lainnya.Anda juga bisa mengajarkan berbagai hal yang terdapat di alam, misalnya seperti kupu-kupu yang menghisap madu dari bunga, cacing yang berguna bagi kesuburan tanah, lebah membantu proses penyerbukan, dan lainnya. Dengan cara ini, Anda juga sekaligus mengajarkan si kecil untuk mengetahui betapa pentingnya penghijauan, dengan begitu si kecil pun akan lebih peduli dengan lingkungan. 

Arumdalu farm, sebuah fasilitas baru di Scientia Square Park (SQP) yang menyediakan kegiatan-kegiatan bercocok tanam bagi orang tua dan anak. Dimulai dari menyemai hingga panen berbagai macam sayur dan tumbuhan. Tidak lupa ada Sunflower Field, sebuah taman bunga matahari yang sangat indah untuk melakukan swafoto bersama.