Urus Paspor Kini Lebih Mudah Dengan E-Paspor!

02 Oct 2018

Mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju, pemerintah tengah giat membenahi diri untuk memberikan kemudahan bagi penduduknya. Satu diantaranya adalah pelayanan pembuatan paspor elektronik atau e-paspor. Disetiap kantor imigrasi kelas satu, kini selain bisa mendaftar antrian secara online, Anda juga sudah bisa memperbaharui paspor konvensional menjadi e-paspor. 

Mengapa harus e-paspor? Karena bisa membuat para pemegangnya mendapatkan Visa dengan mudah. Hal ini karena pendataan e-paspor sudah mengikuti standar International Civil Aviation Organization (ICAO). Standar ICAO telah diterapkan pada paspor di berbagai negara seperti Australia, Amerika Serikat, Inggris, hingga Jepang.Tidak hanya mudah, bahkan beberapa Negara seperti Jepang membebaskan biaya Visa karenanya. 

Keuntungan lainnya adalah pemegang e-paspor tidak perlu berlelah-lelah antri di pos imigrasi yang ada di bandara. E-paspor memiliki chip berisikan data akurat meliputi sidik jari hingga bentuk wajah. Data ini berguna saat pemindaian paspor gerbang manual maupun gerbang otomatis. Dengan begitu juga data menjadi lebih aman dari pencurian, bahkan tidak bisa dipalsukan.